Kamis, 06 Februari 2014

Widgets

Manfaat Layanan Twitter

 Manfaat Layanan Twitter 




Twitter adalah layanan Jejaring Sosial dan Mikroblog Daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli 2006. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet  dan dijuluki dengan “Pesan singkat dari Internet”. " Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 Miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai Media Komunikasi Darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran. Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Fransisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.

Twitter memiliki banyak manfaat dan fungsinya, selain itu Twitter merupakan sarana yang baik bagi jurnalis – jurnalis muda dalam mengemukakan pendapatnya karena Twitter hanya menggunakan 140 karakter yang membuat para jurnalis muda harus lebih sadar saat menulis dan tidak bisa seenaknya mengumbar pendapatnya panjang lebar ke media sosial jika tidak ingin gagasannya terpangkas oleh pembatasan karakter tersebut.

Twitter juga dapat menginformasikan kegiatan rutin teman anda atau orang yang anda follow yang dilakukannya seharian penuh jika kita ingin mengetahuinya, karena Twitter merupakan media sosial atau sumber informasi yang up-to-date.

Selain itu, jika kita bosan karena terjebak kemacetan atau sedang mengalami hari yang buruk, kita dapat berbagi perasaan tersebut dengan orang lain yaitu dengan cara menginformasikannya di Twitter, ini perlu dan sangat penting bagi sebagian orang agar dapat mengurangi rasa bosan dan penat yang mereka rasakan.

Media sosial Twitter juga membuat kita gemar mem-follow seseorang agar mendapat informasi yang di tweet oleh orang tersebut dan secara rutin kita juga melakukan tweet untuk menginformasikan apa yang kita inginkan ke media sosial tersebut karena bagi sebagian besar orang hal tersebut mengasyikkan dan dapat mengurangi rasa bosan.

Disisi lain, meskipun Twitter di-update sangat cepat dan pesan yang disampaikan sangat singkat, namun hal itu dapat mengganggu pekerjaan seseorang karena Twitter dapat membuat kecanduan sehingga seseorang akan menghabiskan waktunya walau hanya sebentar untuk men-tweet sesuatu
Oleh sebab itu, seharusnya seorang pengusaha tidak membolehkan karyawannya menggunakan Twitter, Facebook, atau jejaring sosial lainnya pada jam kantor karena dapat mengurangi produktivitas, membahayakan rahasia perusahaan, dan komsumsi bandwidth berlebih sehingga membuat lambat aplikasi yang dibutuhkan untuk bisnis.
  

0 komentar:

Posting Komentar